Kebaya Pengantin

Pernikahan merupakan sesuatu hal yang sangat sakral, dan sebaiknya hanya dilakukan sekali dalam seumur hidup. Oleh karena itu, setiap detail persiapan pernikahan harus dipikirkan secara matang, termasuk dalam mempersiapkan busana pernikahan. Jenis busana pernikahan pun bermacam – macam, mulai dari busana pengantin gaya adat, busana pengantin gaya barat, dan ada juga yang memilih untuk mengenakan kebaya pengantin.

Foto Kebaya Pengantin

Kebaya saat ini sudah menjadi busana nasional Indonesia. Jadi tidaklah mengherankan apabila banyak kaum hawa yang akhirnya memilih kebaya sebagai kebaya pengantin untuk merayakan hari sakral pernikahannya.

Kebaya Pengantin

Seiring dengan banyak munculnya desainer – desainer di Indonesia saat ini, sedikit banyak juga telah merubah image kebaya yang dulunya terkesan lawas menjadi lebih terkesan modern dan elegan. Kebaya dulunya hanya dinikmati oleh wanita setengah baya karena dianggap kuno. Berbeda dengan keadaan saat ini, para perempuan – perempuan muda tak canggung lagi mengenakan kebaya. Bahkan kebaya menjadi busana yang wajib dimiliki oleh kaum perempuan. Begitu juga dengan model kebaya pengantin yang kini telah dirombak dan dimodifikasi sedemikian rupa sehingga menjelma menjadi kebaya pengantin modern yang semakin cantik, glamour, dan mengikuti perkembangan zaman.

Kebaya modern pengantin telah mempunyai tempat tersendiri di hati calon pengantin. Kebaya pengantin tidak hanya dikenakan oleh perempuan – perempuan jawa saja, melainkan telah merambah kepulau – pulau lainnya yang tersebar di Indonesia. Dunia fashionpun semakin mengakui keberadaan dan eksistensi kebaya pengantin ini. Hal ini dibuktikan dengan semakin banyaknya contoh kebaya pengantin dan foto kebaya pengantin di majalah – majalah, maupun dengan kehadiran kebaya pengantin di fashion show dunia, maupun di beberapa acara televisi.

Jika dilihat dan diamati secara seksama , detail kebaya pengantin biasanya terlihat lebih rumit dibandingkan dengan busana lainnya. Tingkat kerumitan biasanya terletak pada penambahan payet dan bebatuan yang digunakan. Tak sedikit pula yang menambahkan kristal swarozky di setiap detail kebaya agar terlihat bersinar saat terkena sorotan cahaya. Detail kebaya memang dibuat semaksimal mungkin supaya hasilnya sangat indah dan membuat pengantin perempuan bak menjadi ratu. Berbagai aksesoris pun dapat ditambahkan pada kebaya untuk menambah keglamouran tetapi tentunya tetap harus mempertimbangkan karakter calon pengantin dan tema besar acara pernikahan itu sendiri. Beberapa aksesoris yang bisa ditambahkan pada kebaya pengantin antara lain ; kristal, payet, mutiara, bebatuan alam, bordir, corsage, renda, dan lain sebagainya. Kebaya pengantin pada umumnya menggunakan  kristal dan payet, serta mempunyai ekor yang panjang menjuntai hingga ke lantai, serta dipenuhi dengan bordir.

Warna kebaya pun menyesuaikan dengan selera, tema, dan karakter calon pengantin. Banyak sekali warna yang bisa dipilih antara lain ; putih, emas, merah, hijau, biru, magenta, fushia, dan lain sebagainya. Apabila si calon pengantin tidak hanya menginginkan satu warna saja, si calon pengantin juga bisa mengkombinasikan beberapa warna kedalam sebuah busana, tetapi tetap harus memperhatikan keselarasan warna, keserasian, dan juga kekontrasan warnanya. Pembuatan kebaya pengantin harus ekstra hati – hati , cermat , dan teliti agar hasilnya maksimal.

Untuk bahan kebaya pengantin, biasanya dipilih bahan yang halus , lembut, berkualitas tinggi, nampak anggun dan mempunyai bentuk tetap. Bahan yang biasa digunakan  antara lain ; lace, satin, georgette, organdy, nylon, kain tulle, brocade, batik tulis , dior, beludru dan lain sebagainya. Bahan yang digunakan sebagai bahan dasar membuat kebaya sangat bermacam macam. Untuk bahan brocade sendiri misalnya, sudah terdiri dari bermacam-macam jenis. Ada 3 jenis kain brocade yaitu, Brocade perancis, Brocade semi perancis, dan brocade local. Diantara ke 3 jenis tersebut, brocade perancis merupakan brocade yang terbaik. Kainnya halus, lembut, dan menampilkan pola bunga – bunga dan tanaman serta sulur. Apabila kain brocade perancis ini dijadikan suatu kebaya maka kebaya yang dihasilkan biasanya akan terlihat mewah, belum lagi jika ditambahkan dengan payet dan kristal diatas pola brocade perancis. Tekstur kain brocade perancis ini pun sangat bagus, lentur dan dapat menempel di tubuh pemakai. Karena banyaknya keunggulan dari kain brocade perancis ini , maka tidaklah mengherankan jika harga kain jenis inipun terbilang lebih mahal. Bagi yang ingin membuat kebaya dengan brocade perancis tetapi dengan budget yang terbatas, bisa menggunakan bahan kain semi perancis. Dibandingkan dengan brocade perancis, brocade semi perancis terbilang jauh lebih murah, sekilas kedua bahan ini terlihat mirip. Pola dan sulurnya pun terlihat hampir sama. Perbedaannya hanya terlihat pada saat disentuh , brocade perancis terasa lebih lembut, serta saat dipakai brocade perancis akan terlihat lebih menempel dibadan  si pemakai.

Contoh Foto Kebaya Pengantin Modern

Kebaya Pengantin Terbaru

Model Kebaya Pengantin

Contoh Kebaya Pengantin

Search Engine Tags :

kebaya warna merah emas, model kebaya pengantin merah, kebaya nikah merah, Kebaya nikah warna merah yang elegan, kebaya lawas, jenis kain yang bagus untuk ekor kebaya, gaun kebaya modern warna merah setengah jadi, gambar baju pengantin warna merah, warna merah ati baju pengantin, contoh warna kebaya merah

Comments

  1. Eviyanti Santoso says:

    Harganya brapa sist ?

Leave a Comment

*